3 Cara Mengecek Keaslian Nomor Sertifikat Tanah Secara Akurat

saeland property rumah subsidi murah berkualitas sumedang

 Cara Mudah Mengecek Nomor Sertifikat Tanah, jangan ditanya rasanya jika terkena tipu sertifikat tanah bodong, pastinya akan sangat merugikan. Kecerobohan masyarakat terhadap keberadaan nomor sertifikat tanah sudah selayaknya menjadi catatan penting bagi siapa pun yang hendak bertransaksi jual beli tanah.

Mengingat nomor sertifikat tanah adalah acuan dari legalitas kepemilikan, sekarang saatnya Sobat mengetahui seluk beluknya lebih lengkap agar Sobat tahu juga apakah sertifikat tersebut asli atau palsu. Simak ulasan mengenai nomor sertifikat tanah beserta cara mengecek keasliannya.

Apa Itu Sertifikat Tanah?

Sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai tanda bukti kepemilikan dan hak seseorang atas tanah adalah salah satu dokumen negara yang vital. Atas dasar itulah BPN mempercayakan pencetakan dokumen sertifikat tanah kepada Peruri. 

Adapun, Peruri adalah BUMN yang dipercaya pemerintah untuk mencetak uang Rupiah serta produk dokumen sekuriti atau kertas berharga non-uang lainnya. 

Sertifikat tanah yang dicetak oleh Peruri mempunyai ciri khusus yang lebih mengutamakan unsur pengamanan (security feature) sehingga dapat memperkecil risiko pemalsuan. 

Dalam sertifikat tanah akan terdapat berbagai informasi, seperti daftar isian yuridis, surat ukur, buku tanah, tanda bukti hak, hingga nomor sertifikat. Semua data tersebut direkam dalam satu nomor sertifikat yang unik sebagai penentu keaslian status tanah yang dimaksud.

Cara Mengecek Keaslian Nomor Sertifikat Tanah

Pada umumnya, ada empat cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mengecek keaslian nomor sertifikat tanah, baik itu secara offline maupun online. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

Langsung Cek di Website BPN

Memeriksa nomor sertifikat tanah juga bisa dilakukan secara online di website resmi BPN. Melalui situs ini, ada dua layanan fitur seputar pertanahan, yaitu informasi jenis layanan beserta persyaratan, jangka waktu, alur proses penyelesaian, biaya layanan beserta simulasinya dan informasi tentang berkas permohonan.

Gunakan Aplikasi BPN Go Mobile

Masyarakat Indonesia juga akan sangat dipermudah dengan layanan online berupa aplikasi BPN Go Mobile. Aplikasi berbasis Android ini sudah mulai tersedia di beberapa kota besar di Indonesia. 

Dengan begitu, masyarakat dapat mengecek informasi nomor sertifikat tanah dengan cepat dan mudah. Saat ini, informasi yang tersedia di aplikasi tersebut adalah mengenai persyaratan dan biaya pertanahan, hingga informasi permohonan dan kemungkinan dikembangkan sesuai nomor sertifikat. 

Cek Juga Melalui Aplikasi Sentuh Tanahku

Selain aplikasi Go Mobile, tersedia juga aplikasi Sentuh Tanahku berbasis Android dan iOS yang juga diluncurkan oleh Badan Pertanahan Nasional. Untuk kemudahan dalam mengecek keaslian nomor sertifikat tanah, fitur yang tersedia antara lain adalah notifikasi, informasi berkas, plot bidang tanah, informasi sertifikat, lokasi bidang tanah, dan informasi layanan.

Dengan adanya kedua jenis aplikasi yang saling mendukung ini, diharapkan masyarakat Indonesia bisa semakin teredukasi dan lebih update tanpa harus khawatir penipuan atas nomor sertifikat tanah yang bodong atau rekayasa. Sangat mudah dan praktis, ‘kan?

Jangan ragu untuk mengecek keaslian nomor sertifikat tanah dengan menggunakan berbagai cara di atas. Sebelum melakukan transaksi jual beli tanah, pastikan kamu sudah memeriksa setiap dokumen secara lengkap, termasuk nomor sertifikat tanah supaya proses dan pemanfaatannya berjalan lancar tanpa masalah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Segera miliki rumah subsidi impian yang berlokasi strategis, dilalui kendaraan umum, view pegunungan yang asri segar dan harga murah terjangkau tanpa mengabaikan kualitas bahan serta bangunan. Jangan lupa untuk kunjungi Grha SAE Sejahtera I perumahan subsidi berkualitas WAH, dengan harga terjangkau, tunggu apalagi segera klik disini.

Scroll to Top