5 Cara Mengurangi Limbah Rumah Tangga Secara Efektif

saeland property rumah subsidi murah dan berkualitas wah

Tidak semua produk sampah rumah tangga harus dibuang? Pasalnya, sebagian besar limbah rumah tangga masih bisa diolah kembali dan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Kedengarannya memang sulit, tapi sebetulnya bisa dilakukan oleh siapa pun.

Usaha menjaga lingkungan dengan meminimalkan sampah rumah tangga memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan keluarga dan lingkungan. Selain membantu menjaga lingkungan, memanfaatkan sampah rumah tangga juga dapat menguntungkan dari segi ekonomi.

Simak beberapa cara mengurangi limbah rumah tangga yang bisa sangat menguntungkan untuk kita di bawah ini :

Jadikan Sebagai Pakan Ternak

Berikutnya, sampah organik juga bisa Sobat manfaatkan untuk pakan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, ayam, dan ikan. Bahkan banyak orang yang mengubah limbah organik rumah tangga menjadi pelet atau pakan ikan bernutrisi tinggi untuk ikan di rumah.

Dijadikan Bahan Kerajinan

Banyaknya limbah plastik yang berserakan di sekitar kita sebetulnya bisa Sobat kurangi bila bersedia untuk mendaur ulang jenis limbah anorganik ini.

Salah satunya dengan menjadikan limbah-limbah tersebut sebagai barang kerajinan, baik untuk sendiri atau Sobat dapat perdagangkan. Cara pengolahannya pun sangat mudah dan banyak tutorialnya di internet.

Jadikan Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan salah satu hasil pengolahan sampah rumah tangga yang paling nyata dan paling mudah Sobat dapatkan. Sampah bekas sayuran, buah-buahan, serta sisa makanan bisa Sobat olah sebagai pupuk kompos yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Sobat  pun tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk kimia yang mahal.

Ubah Jadi Media Tanam

Limbah anorganik seperti plastik bekas, botol, dan kaleng bekas bisa Sobat alih fungsikan menjadi media tanam yang sangat menarik untuk kebun. Tidak perlu membeli pot yang harganya mahal, Sobat tetap bisa memiliki media tanam yang baik untuk tanaman di rumah. Bonusnya, Sobat juga bisa mendekorasi media tanam tersebut sesuai keinginan.

Didaur Ulang atau Dijual

Bila tidak terlalu berminat untuk mengubah limbah anorganik tersebut menjadi bentuk barang lainnya, tinggal kumpulkan saja kemudian jual. Botol kaca, kaleng besi, dan limbah plastik bekas memiliki nilai jual yang lumayan.

Apabila keluarga sedang mencari rumah dengan budget terjangkau maka segera miliki rumah subsidi impian yang berlokasi strategis, dilalui kendaraan umum, view pegunungan yang asri segar dan harga murah terjangkau tanpa mengabaikan kualitas bahan serta bangunan. Jangan lupa untuk kunjungi Grha SAE Sejahtera I perumahan subsidi berkualitas WAH, dengan harga terjangkau, tunggu apalagi segera klik disini.

Scroll to Top