5 Cara Mudah Mengatasi Saluran Air Bermasalah

5 Cara Mudah Mengatasi Saluran Air Bermasalah SAELAND PROPERTY RUMAH SUBSIDI BERKUALITAS

Saluran air mampet ataupun bermasalah memang selalu menjadi prihal yang menyebalkan. Mulai dari air di wastafel yang tidak kunjung surut sampai air di kamar mandi menggenang, penyumbatan pada saluran selalu membuat jengkel. Jangan pernah menunda-nunda untuk memperbaikinya karena jika telat saluran pembuangan air bisa tersumbat sepenuhnya bahkan lebih parahnya lagi saluran bisa bocor.

Namun tenang saja, tulisan ini akan membantu kalian mengatasi penyumbatan saluran pembuangan air dengan cara mudah dan sederhana. Yuk, simak beberapa trik yang bisa anda coba di rumah ya Sobat GSS : 

Gunakan Garam dan Air Panas

Walaupun terdengar aneh, mengatasi penyumbatan dengan garam sudah menjadi cara yang lumrah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Siapkan setengah gelas garam;

Tuangkan ke dalam pipa yang mampet;

Didihkan 2 liter air dan tuangkan ke dalam saluran pembuangan air;

Alirkan air untuk membilas pipa.

Perlu diperhatikan ketika menuangkan air panas, pastikan airnya mengalir lurus agar tidak terciprat.

Anda bisa melakukan proses ini berkali-kali hingga saluran air tidak lagi tersumbat.

Tips: Tambah setengah gelas air garam dan bilas dengan air panas agar hasilnya lebih ampuh.

Gunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Sabun cuci piring bisa mengatasi penyumbatan pipa air yang disebabkan oleh lemak dan minyak. Untuk mengaplikasikannya, cukup tuang sedikit sabun cair untuk cuci piring pada saluran yang tersumbat. Setelah itu, bilas dengan air mendidih. Untuk menghindari penyumbatan di kemudian hari, lakukan proses ini setidaknya sekali dalam seminggu.

Gunakan Baking Soda dan Cuka

Baking soda bersifat basa murni sedangkan cuka bersifat asam. Campuran keduanya akan membuat reaksi kimia berbentuk gelembung yang ampuh sekali sebagai cara mengatasi saluran air mampet. Berikut adalah cara untuk mengaplikasikannya:

  • Tuangkan secangkir baking soda ke dalam saluran pembuangan air yang mampat;
  • Bilas dengan 2 cangkir air mendidih dan diamkan beberapa menit;
  • Tambahkan secangkir baking soda dan ikuti dengan secangkir cuka; dan
  • Bilas dengan dua cangkir air mendidih ketika gemuruh dan buih sudah hilang.

Gunakan Pembersih Berbahan Kimia

Jika kamu tidak punya bahan-bahan di atas, cara paling mudah adalah mengunjungi minimarket terdekat. Berbagai produk pembersih saluran pipa air berbahan kimia bisa kamu temukan di sana. Produk ini dirancang khusus untuk melonggarkan saluran air yang mampat. Timbunan lemak dan kotoran yang menempel di dinding pipa akan hancur ketika kamu menuangkannya.

Selain itu, cairan ini juga bisa membunuh kuman penyebab bau yang tidak sedap. Jika penyumbatan masih terjadi setelah tuangan pertama, ulangi lagi prosesnya sambil menggunakan alat khusus menyodok kotoran dalam pipa.

Gunakan Soda Api 

Bahan kimia yang memiliki sifat korosif ini ternyata sangat manjur dalam mengatasi saluran yang mampat. Inilah cara mengatasi saluran air mampet menggunakan soda api :

Siapkan air panas.

Lindungi muka dengan masker dan tangan dengan sarung tangan.

Tuangkan soda api pada saluran air yang tersumbat.

Masukan air panas secara peralahan.

Lakukan proses ini terus menerus hingga saluran air kembali lancar.

Sebagai catatan, jangan langsung menggunakan saluran air ketika proses di atas sudah selesai dilakukan.

Tunggu minimal 5-6 jam agar bahan kimia tersebut bisa bereaksi.

jika anda dan keluarga berencana memiliki rumah impian di tahun 2020, segera booking untuk mewujudkan rumah miliki rumah subsidi impian yang berlokasi strategis, dilalui kendaraan umum, view pegunungan yang asri segar dan harga murah terjangkau tanpa mengabaikan kualitas bahan serta bangunan. Jangan lupa untuk kunjungi Grha SAE Sejahtera I perumahan subsidi berkualitas WAH, cukup cicil 900 ribuan setiap bulannya dengan DP 7 juta (all in), tunggu apalagi segera klik disini.

Scroll to Top