5 Tips Menghidupkan Tema Interior Musim Panas

5 Tips Menghidupkan Tema Interior Musim Panas GRHA SAE SEJAHTERA I Rumah subsidi

Saat kita tinggal di negara dengan iklim tropis, kita harus terbiasa dengan cuaca yang kurang sejuk setiap harinya. Oleh karena itu, konsep desain rumah sebaiknya dibuat sesuai dengan konsep interior musim panas yang bisa membuat rumah tetap nyaman meski di cuaca panas sekalipun.

Kebanyakan orang biasanya akan lebih memilih untuk menggunakan perangkat semacam Air Conditioner atau AC yang wajib digunakan pada rumah untuk mengurangi hawa panas. Padahal dengan beberapa tips dan trik sederhana, anda juga bisa menjadikan suasana rumah tetap sejuk dan segar, langsung cek tips berikut : 

Gunakan Cat Warna Cerah

Untuk membuat rumah Anda terlihat lebih sejuk dan segar, pemilihan warna cat yang cerah dan terang diklaim oleh para desainer sebagai cara yang paling mudah dan murah. Tujuannya warna cerah akan membuat ruangan terkesan lebih lapang dan nyaman sehingga ruangan tidak terasa sumpek dan sesak. Selain dari pemilihan warna, Anda juga bisa membuat suasana cerah dan atmosfer ruangan lebih segar dengan menggunakan aksen seperti bantal kursi atau seprai berwarna cerah dengan bahan yang sejuk.

Gunakan Tirai Warna Cerah

Kaca merupakan material penghantar panas yang baik. Sebab, hampir 30% panas bisa berasal dari jendela. Maka dari itu, untuk meredam hawa panas yang merembet di jendela kaca Anda, biarkan tirai dan gorden untuk tertutup pada siang hari. Dengan membiarkannya tertutup, panas sinar matahari bisa dipantulkan kembali ke luar sehingga akan menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk. Agar cahaya matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah, gunakan tirai dengan bahan sheer yang tidak terlalu tebal.

Tambahkan Tanaman 

Cara paling ampuh untuk membuat ruangan lebih sejuk dan segar adalah dengan menambahkan beberapa tanaman ke dalam ruangan. Anda bisa meletakkan tanaman yang ditempatkan di dalam pot-pot kecil di beberapa sudut ruangan. Ini merupakan cara terbaik untuk merasa terhubung dengan alam bebas karena Anda membawa unsur natural dari luar ruangan ke dalam rumah. Dengan menambahkan tanaman, kecil atau besar, tidak hanya memurnikan udara di dalam ruangan, tetapi juga memberi perasaan yang lebih terbuka. Untuk tanaman di dalam ruangan, pilihlah jenis tanaman dengan pemeliharaan yang mudah.

Atur Kembali Sirkulasi Udara

Buat sistem sirkulasi udara yang baik di dalam rumah dengan memaksimalkan bukaan. Tidak hanya sebagai akses keluar-masuk bangunan, bagian pintu juga bisa berfungsi sebagai jalur udara segar untuk masuk ke dalam rumah. Pintu-pintu yang terbuka akan menciptakan aliran udara segar bisa dapat dengan mudah berada di dalam rumah. Selain pintu rumah, disarankan juga untuk membuka jendela secara rutin pada pagi dan sore hari. Jika rajin menerapkan langkah ini, sirkulasi udara segar di dalam rumah akan masuk secara lebih maksimal sehingga terasa lebih sejuk.

Gunakan Elemen Kayu 

Pernah menginap di rumah dengan unsur kayu di daerah pegunungan atau pantai? Pasti Anda merasa lebih sejuk saat berada di dalamnya kan? Unsur kayu bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk di cuaca panas, dan membuat rumah lebih hangat saat cuaca dingin. Tak hanya itu, material kayu pun terkenal akan kekuatannya karena dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Kayu sangat tepat digunakan bagi Anda yang ingin membuat rumah yang kental dengan suasana natural.

Rumah harus tetap nyaman di huni dalam berbagai situasi, oleh karena nya kita sebagai pemilik rumah harus pandai dan rajin mencari tahu. Jika ada saudara atau rekan mencari hunian nyaman, berkualitas dengan harga terjangkau langsung kunjungi Grha SAE Sejahtera I Rumah subsidi berkualitas. Tunggu apalagi segera booking sebelum unit habis.

Scroll to Top