7 Langkah Supaya Tetap Nyaman Dirumah Meski Musim Hujan Tiba

7 Langkah Supaya Tetap Nyaman Dirumah Meski Musim Hujan Tiba SAELAND GSS I RUMAH SUBSIDI MURAH BAGUS

Area rumah yang harus dicek saat musim hujan tiba, jangan hanya siklus hujan saja yang diperhatikan, saat musim hujan tiba sebaiknya sobat GSS memperhatikan setiap bagian rumah untuk menghindari kemungkinan hal buruk yang tidak diinginkan. Hal ini karena perubahan cuaca pada saat musim hujan dapat membuat beberapa bagian rumah menjadi rusak.

Apalagi ada ancaman banjir dan bahaya kesehatan lainnya, sudah selayaknya mengecek kondisi rumah menjadi bagian dari kebiasaan kita saat musim hujan. Lalu, bagian rumah mana saja yang harus diperhatikan? Berikut ini tim GSS I akan membahas bagian rumah yang wajib sobat GSS perhatikan dan cek saat musim hujan tiba. 

Pastikan Sudah Memeriksa Bagian Atap Rumah saat Musim Hujan

Bagian rumah yang satu ini bisa dibilang bagian rumah paling utama yang harus dicek saat musim hujan. Hal ini karena atap rumah menjadi bagian pertama yang melindungi rumah dari curah hujan. Setiap pemilik rumah disarankan untuk mengecek kondisi atap minimal satu tahun sekali untuk inspeksi keretakan, lubang, atau daerah yang berisiko rusak atau hancur. 

Jangan lupa, cek juga setiap material atap rumah dan bagian sekrup untuk memastikan kondisinya semua sudah pas. Jangan tunda reparasi jika dibutuhkan, sebelum menyesal di kemudian hari.

Kemudian Cek Saluran Pembuangan Air saat Musim Hujan

Bagian rumah selanjutnya yang harus Sobat GSS perhatikan saat musim hujan adalah semua saluran pembuangan air yang ada. Dikarenakan dapat memengaruhi kelancaran pembuangan air saat musim hujan, pastikan saluran got atau selokan di depan rumah dan sekitarnya sudah bersih dari sampah, terutama sampah plastik.

Selain itu, bagian seperti talang air juga wajib diperhatikan kondisi dan kebersihannya. Jika ada yang tersumbat, segera konsultasi dengan ahlinya dan jadwalkan perbaikan. Namun, apabila kondisi talang air mengalami kerusakan, segera ganti agar tidak menghambat aliran air. Jangan khawatir, Sobat GSS bisa menemukan harga talang air terbaik yang sesuai dengan budget.

Periksa Kondisi Sekeliling Rumah saat Musim Hujan

Ada pohon besar atau tanaman lain di sekeliling rumah? Jika ada, pastikan tumbuhan tersebut tidak menjadi potensi kecelakaan saat musim hujan. Untuk menghindari kemungkinan buruk, kamu harus mengecek kondisi pohon atau tanaman saat musim hujan. Pangkas daun dan potong cabang yang mulai membesar.

Tidak  hanya itu saja, jika ada timbunan sampah di sekitar rumah, segeralah untuk membersihkannya. Timbunan sampah di sekitar rumah yang tidak diangkat atau dibersihkan dapat membuat rumah kebanjiran dan semakin kotor saat musim hujan. Buanglah sampah pada tempat sampah sesuai dengan prosedur pembuangan sampah yang benar.

Cek Langit-Langit Rumah saat Musim Hujan

Bagian luar rumah sudah aman? Sekarang saatnya berpindah ke bagian dalam rumah. Sobat GSS  bisa mulai memeriksa kondisi rumah dari bagian langit-langit. Pastikan tidak ada kebocoran atau pertanda air yang mulai merembes saat musim hujan. 

Ciri-ciri lain yang wajib diperhatikan pada bagian langit-langit rumah, seperti adanya bekas air, tumbuhnya jamur, atau perubahan warna. Jika hal itu terjadi, segera perbaiki atau meminta bantuan jasa tukang yang ahli.

Periksa Pintu dan Jendela Rumah saat Musim Hujan

Selanjutnya, pastikan pintu dan jendela rumah bisa tertutup dengan sempurna. Setidaknya, jangan sampai ada air yang masuk dalam volume besar melalui celah pintu atau jendela saat musim hujan. Jika ditemukan bermasalah, segera lakukan perbaikan agar tidak ada lagi air hujan yang masuk dan mengotori rumahmu. 

Cek secara detail  Keran dan Pipa Air saat Musim Hujan

Saat musim hujan tiba, ada baiknya meluangkan waktu untuk mengecek dua bagian yang erat kaitannya dengan sumber dan aliran air di dalam rumah, yaitu keran dan pipa air. Jika diperlukan, ganti keran air apabila mulai rusak atau tidak bekerja dengan sempurna. 

Pastikan juga tidak ada kebocoran dan kualitas air tetap baik untuk kebutuhan darurat saat musim hujan. Begitu juga halnya dengan pipa air. Pastikan pipa air tidak ada yang tersumbat atau bocor.

Cek Listrik di Rumah saat Musim Hujan

Untuk urusan teknis rumah yang satu ini, ada baiknya diserahkan langsung kepada teknisi atau pakarnya yang lebih ahli. Namun, minimal sobat GSS bisa mengecek dan mengetahui apakah posisi panel listrik sudah cukup tinggi dan tidak akan terendam banjir saat musim hujan. 

Selain itu, amankan juga perangkat listrik lainnya, seperti aneka jenis kabel listrik dan stop kontak dari kemungkinan terendam atau terciprat air saat musim hujan. Pengecekan listrik saat musim hujan ini bertujuan untuk menghindari korsleting listrik yang berisiko kebakaran. 

Segera booking untuk mewujudkan rumah miliki rumah subsidi impian yang berlokasi strategis, dilalui kendaraan umum, view pegunungan yang asri segar dan harga murah terjangkau tanpa mengabaikan kualitas bahan serta bangunan. Jangan lupa untuk kunjungi Grha SAE Sejahtera I perumahan subsidi berkualitas WAH, cukup cicil 900 ribuan setiap bulannya dengan DP 7 juta (all in), tunggu apalagi segera klik disini.

Scroll to Top