Cara mudah agar millennial bisa punya rumah 

Saeland Mountain View Residence Cara supaya millenial punya rumah 2022

Belakangan ini banyak berita yang beredar, kalau millennial susah punya rumah dikarenakan gaya hidup serta ketimpangan pendapatan utama.

Semua keresahan itu pasti ada solusinya. Selama Sobat Saeland bijak dalam mengelola keuangan serta update seputar info properti terkini. Simak artikel ini sampai akhir ya Sobat Saeland. 

Inilah 5 hal penting yang perlu Sobat Saeland  perhatikan untuk bisa punya rumah di usia muda. Sobat millenial wajib simak hal-hal berikut!

1. Menabung & Atur Financial Management

Menabung tanpa perencanaan keuangan yang jelas akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa terkumpul. 

Selain menabung dengan konsisten, Sobat Saeland perlu mencatat jumlah pemasukan dan pengeluaran agar bisa dengan mudah memangkas biaya hidup yang kurang diperlukan.

2. Cari Info Detail Mengenai Target Rumah Yang Akan Dibeli

Saat akan membeli rumah, Sobat Saeland harus mempertimbangkan apakah rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. 

Lokasi, akses, dan fasilitas di sekitar rumah juga perlu diperhatikan sehingga Sobat merasa nyaman dan efisien untuk tinggal di rumah tersebut.

3. Tanyakan Sistem Pembayaran Secara Rinci

Jangan terburu-buru mengambil keputusan sistem pembayaran. Pilihlah sistem yang memiliki kalkulasi biaya akhir paling sedikit, karena tiap-tiap sistem memiliki skema bunga, promo dan ketentuan biaya yang berbeda-beda. 

Tidak perlu ragu untuk bertanya dan menyampaikan pendapat. Utarakan keresahan dan kekhawatiran Sobat saat menghitung-hitung skema pembayaran pada developer/bank hingga mencapaikan kesepakatan yang dirasa cocok dari kedua belah pihak. 

4. Pelajari Semua Biaya Yang Tertera (Include & Exclude)

Sebelum membayar apapun untuk membeli rumah, pastikan Sobat sudah mengetahui detail biaya yang harus kamu siapkan untuk mengantisipasi pengeluaran yang terlalu besar. 

Tanyakan biaya apa saja yang harus kamu siapkan. Apakah sudah termasuk dalam pembayaran BPHTB, PPN, AJB, SHM, dsb? Apakah biaya UTJ (Uang Tanda Jadi) sudah memotong harga rumah? Dan anggaran apa saja di luar hal-hal tersebut yang perlu dibayar di kemudian hari.

5. Siapkan Dana KPR

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) adalah salah satu solusi yang bisa diandalkan agar Sobat bisa mengangsur atau mencicil pembayaran tiap bulannya. 

Untuk itu, Sobat harus memahami kemampuan financial agar bisa memiliki skor bagus di mata pemberi kredit. Nilai ideal financial tidak kurang dari 50%. Caranya bisa Sobat dapatkan dengan membagi total hutang dan total aset.

Salah satu rekomendasi perumahan yang worth it untuk sobat Saeland silahkan cek link /www.saeland.id/proyek-kami/gss-2/ Berlokasi di kota Sumedang, dilalui kendaraan umum & cicilan terjangkau. Semoga bisa menjadi referensi yang tepat untuk mewujudkan rumah impian Sobat Saeland. 

Scroll to Top