Cara Mudah Atasi Daun Pintu Berubah Efek Cuaca

Cara Mudah Atasi Daun Pintu Berubah Efek Cuaca SAELAND PROPERTY

Sering mengalami daun pintu yang sulit di tutup? Daun pintu dengan material kayu biasanya sering memuai atau mengembang. Tidak  usah khawatir, anda  dapat memperbaikinya  dengan cara-cara ini. Pada umumnya, semua pintu rumah bisa saja memuai dan menyusut akibat terkena suhu yang ekstrem.

Namun, paling parah adalah pintu dengan material kayu. Daun pintu kayu yang memuai bisa saja disebabkan karena materialnya yang tidak dikeringkan dengan benar atau tergantung kondisi cuaca. Padahal pintu dari kayu, sangat modis dan enak dilihat serta mengesankan ke natural-an. 

Seperti musim hujan, pintu-pintu kayu dapat memuai dan menyusut karena kandungan air di dalamnya meningkat. Umumnya, kandungan air yang dapat diserap sebanyak 12% dengan kondisi kayu yang masih kering. Sementara pada musim panas, kayu akan menyusut, berikut beberapa cara menyiasati daun pintu yang menyusut atua memuai.

Pilihlah Kayu yang Tepat

Masalah pemuaian daun pintu berasal dari pemilihan kayu yang tepat. Pilihlah kayu yang solid untuk pintu rumah. Sebab, kayu yang solid cenderung lebih kuat, tahan cuaca, awet, dan tidak keropos dibandingkan jenis lainnya. Jenis kayu yang bagus seperti kayu jati, mahoni, cendana, meranti, kayu merbau, dan kayu ulin.

Menjemur  Pintu Rumah

Cara mengatasi pintu rumah mengembang antara lain bisa dengan menjemur daunnya. Jemur daun pintu di bawah sinar matahari. Caranya, lepaskan pintu kayu dari kusen, lalu jemur. Pastikan semua permukaan pintu terkena sinar matahari secara merata. Jika sudah benar-benar kering hal ini bisa membantu mengurangi kadar air berlebih. Setelah itu pasang lagi pintu ke dalam kusen rumah.

Mengecat Bagian pintu Berpori

Setelah memastikan daun pintu terkena sinar matahari secara menyeluruh, langkah selanjutnya lapisi bagian atas dan bawah daun pintu dengan cat berbahan dasar minyak untuk menghindari kayu menyerap air dari bawah.  Kemudian lapisi bagian pintu kayu menggunakan cat yang diinginkan. Pemakaian cat ini ditujukan untuk membuat pori-pori kayu kembali ke bentuk semula.

Membeli pintu yang sudah dilapisi veener

Masalah pintu kayu yang timbul bukan hanya penyusutan dan pemuaian saja, tapi disertai kondisinya yang lebih rapuh. Apabila masalah tersebut sudah terlanjur menimpa pintu rumah anda, maka tidak ada lagi yang dapat kamu lakukan untuk menggantinya dengan pintu baru.

Solusi terbaik agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, anda perlu membelinya yang baru dan sudah dilapisi veener secara keseluruhan. Langkah ini adalah upaya pencegahan yang baik.

Pastikan Tingkat Kekeringan Pada Pintu Kayu

Tingkat kekeringan pada pintu kayu berbeda beda, hal ini dikarenakan pintu kayu sering mengalami penyusutan atau pemuaian yang disebabkan oleh pergeseran kondisi cuaca, sehingga membuat pintu jadi memuai.  Salah satu cara tepat untuk mencegah pemuaian pada daun pintu di rumah adalah dengan memastikan bahwa kayu yang digunakan benar-benar kering atau hasil dari oven.

Segera miliki rumah impian berlokasi strategis, dilalui kendaraan umum, view pegunungan yang asri segar dan harga terjangkau tanpa mengabaikan kualitas bahan serta bangunan. Segera kunjungi Grha SAE Sejahtera I perumahan subsidi berkualitas WAH, cukup cicil 900 ribuan setiap bulannya dengan DP 7 juta (all in). Tunggu apalagi klik disini.

Scroll to Top