Cara Mudah Cek NJOP Online

NJOP Saeland property perumahan berklualitas dan super terjangkau sumedang

NJOP merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan pada saat melakukan transaksi jual beli properti. NJOP ini singkatan dari Nilai Jual Objek Pajak. Pada zaman dulu, masyarakat perlu datang ke kantor kecamatan setempat untuk mengetahui besarnya NJOP. 

Namun sekarang, masyarakat dapat mengecek NJOP online dari mana saja dan kapan saja. Semua ini berkat kemajuan teknologi.

NJOP adalah harga rata-rata sebuah objek yang diperoleh dari transaksi jual beli. Rumah baru dan jenis properti lainnya termasuk dalam kategori objek dalam pembahasan NJOP. 

Jika tidak ada transaksi jual beli, maka NJOP ditentukan dengan membandingkan harga objek lain yang sejenis, nilai perolehan baru, serta NJOP pengganti. Kamu dapat mengetahui nominalnya dengan cara cek NJOP online di situs yang sudah disediakan pemerintah.

Besarnya NJOP dipublikasikan dalam satuan rupiah per meter persegi. Para pemilik objek dapat mengalikan luas tanah atau bangunan dengan NJOP tersebut. NJOP yang tertera sering diasumsikan sebagai harga terendah sebuah properti. 

Sedangkan, harga jual properti bisa mencapai dua kali lipat dari NJOP yang tertera. NJOP sendiri ditentukan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Daerah (bupati atau walikota setempat).

Guna NJOP, Mengetahui NJOP sebuah properti, maka kamu dapat mengetahui besarnya pajak yang harus dibayarkan. NJOP online juga berfungsi untuk menentukan harga jual sebuah rumah baru ataupun bekas. Bagi penjual, mereka bisa mengetahui harga yang sesuai pasaran.

Sedangkan bagi pembeli, mereka dapat mengetahui apakah rumah yang diincar dijual dengan harga standar. Calon pembeli dapat mencurigai penjual apabila rumah tersebut dijual di bawah NJOP terendah. Transaksi pun jadi lebih aman.

Keterkaitan NJOP dan pajak, NJOP dalam bidang properti sudah ditetapkan oleh negara sebagai dasar pengenaan pajak PBB P2. Penetapan ini tertuang dalam pasal 79 ayat (1) UU PDRD. NJOP sendiri terbagi atas NJOP tanah dan NJOP bangunan.

Besarnya NJOP biasa ditetapkan sebelum tanggal 1 Januari tahun pajak. Dengan demikian, para petugas dan wajib pajak dapat menghitung besar PBB atas properti terkait. Untuk wajib pajak, tentu bisa mengecek NJOP online dari rumah masing-masing.

Cara Cek NJOP Online, Setelah mengenal apa itu NJOP dan fungsinya, kamu pasti semakin paham bahwa mengetahui besar nominal NJOP itu penting. Tidak perlu mendatangi kantor kecamatan, langsung cek NJOP online menggunakan HP atau komputer Sobat saja. Ini caranya:

Buka situs resmi milik Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) masing-masing atau sesuai lokasi properti. Untuk Sumedang, situsnya adalah https://bappenda.sumedangkab.go.id/

Klik download di samping tulisan lokasi pelayanan. Kemudian cari kumpulan regulasi Pajak Bumi dan Bangunan.

Dalam halaman tersebut akan muncul link khusus berisi regulasi terbaru terkait NJOP. Salah satu contohnya adalah Pergub Nomor 37 Tahun 2019. Jika kamu bingung mencari regulasi terbaru saat mengecek NJOP online, lihatlah tanggal yang paling akhir atau terbaru.

Mengecek NJOP itu penting untuk semua pihak yang terkait dengan kepemilikan properti. Baik untuk bayar pajak maupun menentukan harga jual atau beli. Dengan NJOP online, tidak ada alasan untuk malas mengecek.

Segera miliki rumah subsidi impian yang berlokasi strategis, dilalui kendaraan umum, view pegunungan yang asri segar dan harga murah terjangkau tanpa mengabaikan kualitas bahan serta bangunan. Jangan lupa untuk kunjungi Grha SAE Sejahtera I perumahan subsidi berkualitas WAH, dengan harga terjangkau, tunggu apalagi segera klik disini.

Scroll to Top