Kelebihan Jalan Perumahan Menggunakan Paving Block

Saeland property rumah nyaman menggunakan Paving block 2022

Bagi Sobat Saeland yang tinggal di kawasan Perumahan tentu tidak asing dengan material paving block

Bahan bangunan yang terbuat dari bahan dasar pasir dan semen yang diaduk lalu dicetak dengan variasi bentuk ini, mudah dijumpai pada trotoar jalan, komplek perumahan, halaman perkantoran hingga sekolah.

Paving block atau blok beton terkunci menurut SII.0819-88 adalah suatu komposisi bahan bangunan, yang terbuat dari campuran semen portland.

Atau bahan perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya, yang tidak mengurangi mutu beton tersebut.

Sedangkan menurut SK SNI T-04-1990-F, paving block adalah segmen-segmen kecil yang terbuat dari beton dengan bentuk segi empat atau segi banyak yang dipasang sedemikian rupa, sehingga saling mengunci (Dudung Kumara, 1992; Akmaluddin dkk, 1998).

Fungsi utama paving block adalah untuk menutup permukaan tanah. Sementara yang bercorak warna-warni memiliki fungsi tambahan yakni sebagai nilai estetika suatu area.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah kelebihan lain dari paving block yang perlu Sobat Saeland ketahui : 

Perawatan mudah

Dibanding jenis penutup dan pengerasan tanah lainnya, paving block juga sangat mudah perawatannya. Saat kondisinya kotor karena tanah atau noda lainnya, Sobat hanya perlu menyikatnya dengan sabun colek dan air bersih.

Namun, jika sudah terlanjur berlumut, Sobat dapat membersihkannya dengan cara menyemprotkan cairan fungisida. Atau bisa juga membasahinya dengan taburan semen bubuk.

Tapi, bila ingin menghemat biaya, cukup dengan menggunakan kapur bangunan, lalu tebarkan di atas paving block yang sudah dibasahi air. Lakukan cara ini disaat matahari terik.

Harga murah

Harga pasaran paving block relatif murah tergantung dari tipe dan modelnya. Seperti contohnya paving grass block warna abu ukuran 20cm x 40cm x 8cm (LxPxT) yang dijual seharga Rp107.500 per meter persegi ini hanya harga ilustrasi. 

Sedangkan paving conblock dipasarkan mulai Rp104 ribu hingga Rp193 ribu.

Paving grass block memiliki bagian berlubang di tengahnya sehingga bisa digunakan untuk menumbuhkan rumput.

Berdaya serap baik

Meski kelihatannya pemasangan paving block dibuat terkunci, akan tetapi pelapis tanah ini memiliki daya serap air yang baik. Tidak ayal keseimbangan air tanah tetap terjaga sehingga mampu menopang beban diatasnya.

Kelebihan lain yang bisa Sobat dapatkan bila menggunakan paving block sebagai material carport yakni menjamin ketersediaan air tanah bersih, agar bisa dibor atau dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Selain itu karena bobotnya lebih ringan dibanding beton atau aspal, maka paving block dapat menjadi satu penopang utama agar pondasi bangunan khususnya rumah tetap stabil.

Mudah diganti

Tidak ada bahan bangunan yang bisa bertahan sempurna lebih dari lima tahun, begitupun dengan paving block. Saat terjadi kerusakan atau cacat berat, material bangunan ini sangat mudah untuk diganti.

Sobat Saeland juga bisa melakukannya sendiri dengan mengangkat bagian yang rusak, lalu ganti dengan yang baru.

Oleh karena itu, saat memutuskan menggunakan bahan bangunan ini sebagai lantai teras, sebaiknya simpan dua atau tiga paving block sebagai cadangan.

Bagi Sobat yang ingin memiliki rumah sebagai salah satu investasi menguntungkan silahkan kunjungi “SAELAND Mountain View Residence ⁣⁣Solusi & jawaban tepat untuk hunian impian Sobat & keluarga cek link www.saeland.id/proyek-kami/saeland-mountain-view-residence/ .

Segera survey & booking unitnya, sebelum kehabisan. ⁣⁣⁣Type Rumah 36/72, Stok terbatas, lokasi strategis kemudian di lalui angkutan umum.

Scroll to Top