Menentukan Desain Kamar Mandi Bisa Memengaruhi Kesehatan

saeland mountain view residence kota sumedang jawa barat rumah 2 lantai harga bersaing kualitas oke

Sedari dulu, kita selalu diingatkan dengan pepatah bahwa bersih itu sehat. Berbagai penyakit yang berasal dari virus dan bakteri berbahaya ternyata memang dapat menempel pada benda-benda sekitar, khususnya pada ruangan yang sering kita gunakan di rumah, seperti kamar mandi

Dilansir dari halaman The United Nations Environment Programme, kebersihan yang ada pada lingkungan bahkan juga bisa memengaruhi kesehatan mental penghuninya. 

Jadi, sebagai tempat yang selalu kita gunakan setiap hari, kamar mandi tentu menjadi salah satu ruangan yang harus kita perhatikan. 

Hal ini dapat dimulai dari bagaimana desain kamar mandi itu dibentuk. 

Jika sejak awal saja kamar mandi sudah dibentuk asal-asalan, kehidupan penghuni yang tinggal tentu dapat menjadi tidak berkualitas karena sulit menggunakan segala peralatan kamar mandi untuk membersihkan diri secara optimal.

Sediakan Ventilasi

Udara bersih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kecerdasan otak, hingga meningkatkan kesehatan jantung. 

Itulah mengapa, menerapkan ventilasi udara yang tepat pada desain kamar mandi dapat turut memengaruhi kesehatan tubuh.  

Dengan menerapkan ventilasi udara yang optimal pada desain kamar mandi Sobat, udara kotor yang ada di ruangan tersebut dapat langsung tergantikan dengan udara bersih yang menyehatkan.

Pisahkan Area Basah dan Kering

Kamar mandi terdiri dari area basah dan kering. Area basah biasanya digunakan sebagai tempat untuk mandi.

Sementara, area kering digunakan untuk aktivitas sanitasi seperti saat menggunakan closet atau wastafel.

Memisahkan kedua area ini dalam desain kamar mandi akan berdampak bagi kesehatan karena Sobat akan lebih mudah membersihkan setiap area secara detail. 

Sobat juga akan lebih mudah dalam mengelola setiap peralatan kamar mandi dan menghindari penumpukan bakteri jahat pada tempat yang lembap sebab area yang mengandung air tidak tercampur dengan area yang kering. 

Gunakan Material Keramik

Tahukah Sobat, material keramik merupakan jenis bahan bangunan yang terbuat dari bahan alami? Jenis material ini memang sering digunakan pada desain kamar mandi karena tidak beracun dan tahan dari kelembapan air atau noda. 

Menggunakan material keramik pada desain kamar mandi pun akan memudahkan Sobat untuk membersihkan kamar mandi setiap saat.

Tanpa membutuhkan cara yang ribet, kamar mandi juga dapat lebih praktis dibersihkan hanya dengan air dan cairan pembersih kuman.

Padukan Warna

Menerapkan desain kamar mandi yang menarik dan sesuai dengan selera Sobat dapat memberikan aura positif yang berpengaruh pada kesehatan mental Sobat dan keluarga.  

Untuk membuat kamar mandi yang lebih cerah dan meningkatkan suasana hati, Sobat juga bisa memadukan warna untuk dinding atau peralatan yang ada di kamar mandi, mulai dari wastafel, closet, hingga rak dinding & ambalan.

Maksimalkan Pencahayaan Alami

Fakta membuktikan bahwa sinar matahari dapat memengaruhi mood Sobat dalam menjalani hari.

Oleh sebab itu, jika kamu menerapkan pencahayaan alami dalam desain kamar mandi, sinar matahari yang terpancar ke dalam dapat menghindarkan Sobat serta keluarga dari rasa stres dan meningkatkan semangat untuk beraktivitas.

Pemanfaatan cahaya alami tersebut juga bisa mengurangi penggunaan lampu yang berlebihan dan mikroorganisme serta bakteri berbahaya dapat langsung terbunuh oleh sinar matahari yang masuk. 

Dalam desain kamar mandi yang ingin Sobat terapkan, Sobat bisa menambahkan jendela sesuai dengan letak kamar mandi agar privasi dan keamanan Sobat tetap terjaga.

Misalnya, untuk membuat desain kamar mandi bernuansa laut, Sobat bisa memilih warna biru muda untuk dinding dan warna putih untuk lantainya. 

Bagi Sobat yang tertarik menerapkan gaya Japandi yang sedang kekinian, Sobat juga bisa mengaplikasikan warna-warna lembut dan natural seperti krem atau abu-abu yang dipadukan dengan warna putih. 

Sementara itu, kalau Sobat mau kamar mandi Sobat bernuansa ceria, pilihlah warna kuning atau oranye.

Di tengah kondisi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, tentu menjadi sangat penting untuk kamu menaruh perhatian lebih pada desain kamar mandi yang ingin diterapkan. 

Hal ini dikarenakan kamar mandi menjadi ruangan esensial untuk membersihkan diri sehingga desainnya harus dioptimalkan agar hidup Sobat pun lebih berkualitas.

Saat ini Saeland sedang memiliki projek rumah komersil tipe Rumah 54/72, hanya tersedia 13 unit rumah saja.⁣⁣⁣ Benefit : Rumah 2 lantai, dekat dengan tol, masjid, puskesmas, pasar & Sekolah.⁣⁣⁣ Segera booking melalui link https://linktr.ee/saelandproperty.

Scroll to Top