Mengenal Warna Kabel Listrik di Rumah

saeland property rumah subsidi berkualitas wah

Saatnya Sobat mengenal warna kabel listrik di rumah, jangan sepelekan hal ini ya, tentunya menjadi pengetahuan dasar bagi Sobat. Pernah melihat warna kabel listrik di rumah? Bisa jadi, kamu tidak pernah melihatnya karena tidak pernah memasangnya. 

Hal yang masuk akal kecuali kamu memang teknisi listrik berpengalaman, pastinya memang memasang instalasi sendiri. Atau mungkin Sobat pernah melihat tukang listrik sedang membenahi saklar rumah, pastinya pernah melihat kabel warna warni.

Namun, Sobat pernah melihat film Hollywood yang mengisahkan sang bintang memotong kabel listrik, pastinya melihat warna kabel listrik. Pastinya Sobat memang melihat kabel listrik yang berwarna-warni, tidak perlu heran lagi dengan hal ini. 

Warna kabel listrik yang beragam ini merupakan warna kabel listrik standar internasional, ada kode warna kabel listrik. Artinya ada arti di balik warna kabel positif dan negatif, tidak bisa sembarangan sebagai bagian cara menyambung kabel listrik 3 warna.

Setiap warna kabel memang memiliki arti dan fungsi masing-masing, penjelasannya ada di bawah ini. 

Kabel Warna Merah, Kuning, dan Hitam 

Kabel dengan warna ini memang dipakai untuk muatan listrik positif, fasa, atau api, hal ini pasti menjawab sejumlah pertanyaan. Kabel warna merah positif atau negatif, kabel hitam positif atau negatif, banyak orang yang bertanya mengenai hal ini. 

Saat Sobat menyentuh kabel ini ada potensi tersetrum, gunakan tespen untuk mengecek aliran listrik. Sumber muatan listrik positif ini bersumber dari kabel jaringan PLN yang dipasang di tiang listrik. 

Kabel Warna Biru 

Kabel ini khusus untuk muatan listrik negatif, pastinya menjawab pertanyaan kabel biru positif atau negatif. Ketika Sobat menyentuh kabel ini, tentunya tidak menyebabkan tersetrum dan juga tidak menyala saat disentuh tespen. 

Sumber muatan listrik negatif ini juga bersumber dari kabel jaringan PLN yang dipasang di tiang listrik. 

Kabel Warna Kuning Strip Hijau

Warna kabel listrik ini memang khusus dialiri dengan muatan listrik arde yang diambil dari tanah atau grounding. Sumber grounding bisa diperoleh dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah, nantinya juga dipasang pada setiap terminal stop kontak.

Biasanya, kabel grounding akan disatukan dengan kabel negatif yang bersumber dari PLN, pemasangannya jadi satu.  Perlu diingat kalau pemasangan kabel listrik, tidak hanya soal warnanya saja tetapi juga melihat ukuran dan besar kabel.

Segera miliki rumah subsidi impian yang berlokasi strategis, dilalui kendaraan umum, view pegunungan yang asri segar dan harga murah terjangkau tanpa mengabaikan kualitas bahan serta bangunan. Jangan lupa untuk kunjungi Grha SAE Sejahtera I perumahan subsidi berkualitas WAH, dengan harga terjangkau, tunggu apalagi segera klik disini.

Scroll to Top