Meningkatkan Kenyamanan Rumah Minimalis

Konsep rumah minimalis saat ini sudah menjadi suatu hal yang lumrah bahkan menjadi trend. Salah satu dasarnya karena harga tanah yang terus melambung membuat kita harus berpikir dua kali untuk membeli rumah besar.

Solusinya rumah minimalis meski berukuran kecil bukan berarti kenyamanan serta kebebasan dalam mendekorasi rumah menjadi hilang. Konsep rumah yang tepat akan membuat rumah minimalis terasa lebih nyaman.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan agar lahan minimalis terasa nyaman adalah memaksimalkan luas bangunan yang ada dengan memerhatikan tata letak ruangan dan fungsinya. Buatlah daftar ruang-ruang prioritas yang ingin di hadirkan di rumah minimalis.

Pemilihan ruangan ini dapat didasarkan pada fungsi ruangan, seperti ruang keluarga, ruang tidur, dapur, dan kamar mandi. Sementara, ruangan yang tak terlalu penting keberadaannya bisa disatukan dengan ruangan lain yang masih memiliki fungsi serupa, sehingga bersifat multifungsi, misalnya ruang tamu dengan ruang keluarga dalam hal ini konsep rumah minimalis, meminimalisir sekat.

Selain meminimalisir sekat, bias juga dengan cara menggunakan furniture pesanan (custom). Keunggulan furniture custom, bisa dibuat menyesuaikan kebutuhan. Memberi kesan luas pada hunian minimalis dapat dihadirkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menghadirkan elemen skylight, ventilasi atau bukaan pada atap rumah tinggal yang digunakan untuk meningkatkan intensitas cahaya alami ke dalam ruangan.

Cahaya alami yang masuk melalui celah atap mampu dan membuat rumah minimalis terasa lebih terang dan lapang. Skylight bisa dihadirkan di area ruang keluarga, ukurannya tidak perlu terlalu besar, hanya 1m x 2m. Cahaya yang masuk bisa membuat rumah minimalis terkesan lebih luas. Selain lebih sehat, penerapan jendela kaca di atap ini juga menghemat
konsumsi listrik di hunian minimalis.

Usahakan saat memasang skylight di hunian minimalis, posisi kemiringannya 2-4 derajat, agar terhindar dari risiko bocor dan panas. Selain kaca, Anda bisa menggunakan material akrilik. Umumnya, skylight dipasang dengan menggunakan penopang atap. Sehingga rumah minimalis tetep mengedepankan kenyamanan bagi pemiliknya, jadi jangan khawatir saat memilih rumah minimalis menjadi tempat bernaung.

Scroll to Top