Pentingnya Akta Notaris dalam Jual Beli Rumah

Saeland property fungsi & pentingnya akta notaris dalam jual beli rumah serta tanah

Dalam melakukan jual beli rumah, harus teliti. Karena ada banyak dokumen dan akta yang mesti Sobat Saeland buat supaya transaksi jual beli rumah yang Sobat lakukan aman. Salah satu akta penting yang tidak boleh kamu abaikan adalah pembuatan akta notaris.

Bisa dibilang, akta notaris adalah dokumen resmi dan autentik yang bisa menjamin proses jual beli yang Sobat lakukan. 

Sepintas, akta notaris mirip dengan akta yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). 

Namun, sebenarnya ranah akta yang dibuat oleh Notaris bisa dibuat lebih umum dan menyangkut berbagai proses jual beli yang lebih beragam.

Fungsi Akta Notaris 

Dokumen resmi ini memiliki kekuatan pembuktian yang mutlak dan mengikat sehingga lebih kuat di hadapan hukum. 

Kekuatan hukum inilah yang membuat akta notaris bisa menghindarkan kamu dari kerugian ketika melakukan jual beli rumah. 

Jika ada yang tidak dipenuhi dalam proses transaksi, akta notaris bisa digunakan sebagai bukti untuk menggugat pihak yang melakukan jual beli rumah dengan Sobat. 

Pembuatan akta notaris sendiri didasarkan pada Pasal 1868 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. 

Dasar yang jelas dan kuat inilah yang membuat akta notaris sangat penting untuk menjadi bukti yang sempurna dan tidak kalah dengan pembuktian lain yang tidak didasarkan hukum KUHP.

Macam-macam Akta Notaris

Lebih simpelnya lagi, akta notaris adalah dokumen autentik yang dibuat oleh atau di hadapan Notaris. Dari pengertian tersebut, akta notaris dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

Akta yang Dibuat oleh Notaris / Akta Pejabat

Akta notaris yang satu ini disebut juga akta berita acara. Isi dari jenius akta notaris yang satu ini memuat uraian dari Notaris mengenai suatu tindakan yang dilakukan atau suatu keadaan yang dilihat atau disaksikan oleh Notaris.

Akta yang Dibuat di Hadapan Notaris / Akta Pihak

Isi akta notaris yang satu ini tidak langsung dibuat dan disusun oleh seorang Notaris, melainkan dibuat di hadapan Notaris. Isinya berisi uraian mengenai yang diterangkan oleh pihak-pihak yang menghadap ke Notaris tersebut.

Ragam Kepentingan

Mungkin Sobat Saeland berpikir bahwa akta untuk bukti jual beli rumah pun bisa menggunakan akta dari Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). 

Hal ini tidak salah. Namun, ingatlah bahwa fungsi PPAT hanya bisa membuat akta tanah.

Sementara untuk akta keseluruhan properti, lagi-lagi Sobat  memerlukan akta notaris.

Akta yang dibuat notaris bisa bersifat lebih umum. Jadi, semua proses jual beli terkait properti atau pembangunan usaha bisa dilakukan.

Beberapa contoh hal yang bisa dibuat akta notarisnya adalah jual beli rumah, jual beli tanah, juga jual beli ruko, ataupun tempat usaha lainnya.

Akta notaris juga bisa digunakan untuk proses sewa-menyewa properti agar lebih aman. 

Selain itu, seorang Notaris juga bisa membuat akta notaris untuk pendirian Perseroan Terbatas (PT), CV, pendirian yayasan, pendirian badan usaha, ataupun akta untuk wasiat.

Bagi Sobat yang sedang mencari perumahan dengan harga terjangkau, fasilitas jempolan, lokasi super strategis langsung cek website www.saeland.id tersedia unit subsidi dan unit komersil 2 lantai.

Scroll to Top