5 Rekomendasi Produk Smart Home yang Bikin Rumah Jadi Canggih

Rekomendasi Produk Smart Home yang Bikin Rumah Jadi Canggi

Di era serba teknologi sekarang ini, penerapan konsep smart home semakin banyak digandrungi masyarakat, terutama bagi pasangan modern dan golongan milenial.

Smart home itu sebenarnya apa sih?

Smart home atau biasa disebut rumah pintar merupakan tempat tinggal yang perabotan di dalamnya terhubung satu sama lain dalam satu jaringan dengan memanfaatkan teknologi IoT (Internet of Things).

Contoh dari smart home itu ketika kita ingin mematikan lampu kamar tidur, kita cukup mematikannya melalui aplikasi di smartphone saja.

Untuk Sobat yang ingin menyulap rumahnya menjadi ‘pintar’, kita punya rekomndasi gadget yang bisa digunakan:

  1. Smart Light Bulbs

Yang pertama adalah Smart Light Bulbs. Salah satu perangkat rumah tangga yang saat ini banyak digunakan untuk menerapkan konsep rumah pintar.

Fungsi dari smart bulbs sendiri sebenarnya sama saja seperti lampu pada umumnya.

Hanya saja fitur-fitur yang ditawarkan oleh smart bulbs lebih canggih dan modern dari lampu-lampu konvensional lainnya.

Teknologi smart bulbs memungkinkan Sobat untuk mengontrol penuh lampu tersebut dari jarak jauh.

Fitur-fitur canggih seperti mengatur mode kecerahan, mengatur jadwal kapan lampu ingin digunakan atau dimatikan, bahkan sampai memutar lagu pun juga bisa dilakukan oleh perangkat pintar ini.

Selanjutnya…

  1. Smart Plug

Sobat-sobat disini pasti pernah lupa mematikan kipas angin atau barang elektronik lainnya ketika berpergian, kan?

Jika hal tersebut sering dilakukan, tentu saja tagihan listrik jadi membengkak.

Kejadian tersebut mungkin tidak akan Sobat alami kalau sobat memiliki perangkat rumah pintar seperti smart plug. 

Apa saja sih kelebihan ketika Sobat menggunakan smart plug?

Kelebihan sebuah smart plug dibandingkan dengan colokan pada umumnya ialah perangkat tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh, dapat dijadwalkan kapan perangkat tersebut ingin dihidupkan dan dimatikan, bahkan kita juga dapat memantau pemakaian arus listrik ketika menggunakan perangkat tersebut.

  1. Smart Door Lock

Berkembang pesatnya teknologi di zaman sekarang membuat perangkat elektronik semakin bervariasi. Contohnya seperti perangkat keamanan rumah.

Perangkat keamanan pintar di zaman sekarang kini pun banyak jenisnya, mulai dari kamera keamanan, sensor gerak, bahkan gagang pintu sekarang pun ada perangkat pintarnya.

Dari banyak jenisnya perangkat pintar keamanan yang ada di luar sana salah satunya adalah smart door lock. 

Hal yang membedakan smart door lock dengan sistem penguncian tradisional lainnya yaitu dengan hadirnya teknologi canggih seperti wireless, face unlock, biometric, dan fob enabled. 

Karena hadirnya teknologi canggih tersebut, saat ini banyak masyarakat yang mulai mempercayakan keamanan rumah mereka dengan menggunakan perangkat pintar seperti smart door lock.

  1. Robot Vacuum Cleaner 

Terkadang aktivitas yang terlalu padat membuat banyak orang tidak memiliki banyak waktu luang untuk bersih-bersih rumah.

Akhir-akhir ini mungkin kita sering melihat banyak orang mulai menggunakan robot vacuum cleaner untuk meringankan aktivitas bersih-bersih rumah.

Robot vacuum cleaner sendiri adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk membersihkan lantai rumah dari debu dan kotoran.

Dengan memanfaatkan teknologi seperti inframerah, WiFi, sensor, hingga AI membuat robot vacuum dapat membersihkan lantai rumah secara otomatis.

Ada banyak kelebihan yang Sobat dapatkan ketika menggunakan robot vacuum cleaner untuk membersihkan rumah, seperti kemampuan untuk membersihkan debu dan kotoran secara otomatis, dapat membersihkan area-area sempit yang biasanya sulit dijangkau, dan bahkan robot vacuum cleaner bisa dijadwalkan kapan harus bekerja sesuai dengan waktu yang diinginkan.

  1. Google Nest Mini

Tujuan banyak orang menggunakan perangkat pintar tentu saja karena kemudahan yang ditawarkan. 

Akan tetapi terkadang penggunaan perangkat pintar dapat menjadi tidak efisien dikarenakan banyak dari perangkat tersebut tidak saling terhubung satu sama lain dalam satu aplikasi khusus untuk mengendalikannya.

Dari hal tersebut Google memberikan solusi dengan menghadirkan smart speaker dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang dinamakan Google Nest Mini.

Google Nest Mini memungkinkan penggunanya mengontrol perangkat pintar dengan model berbeda dalam satu aplikasi bernama Google Home.

Google Nest Mini sendiri dapat mengenali hingga 6 suara berbeda dengan mengandalkan teknologi Google Assistant. Dimana teknologi ini nantinya dapat digunakan untuk memberikan perintah dengan suara untuk mengendalikan perangkat yang terhubung seperti smart TV, smart bulbs, dan perangkat pintar lain yang terhubung.

Itu dia Sobat, beberapa rekomendasi gadget yang dapat digunakan untuk membantu rumah kalian menjadi lebih canggih.

Banyak kelebihan yang kita dapatkan ketika menggunakan perangkat pintar untuk kebutuhan rumah tangga.

Seperti kemudahan dan efisiensi dalam melakukan aktivitas, hemat biaya listrik, memberikan rasa nyaman tingkat tinggi, dan banyak manfaat lainnya.

Nah buat Sobat yang ingin menerapkan konsep smart home, Saeland menyediakan perumahan dengan harga terjangkau dengan fasilitas terbaik, serta lokasi yang strategis.

Sobat bisa cek langsung di sosial media www.instagram.com/saelandproperty untuk info lebih lengkap.

Untuk informasi menarik seputar perumahan Sobat bisa mengunjungi website https://www.saeland.id/blog/

Scroll to Top