Tetap Produktif Selama WFH

Bekerja di rumah adalah impian banyak orang. Terutama untuk Anda yang tidak ingin direpotkan dengan kemacetan, pakaian seragam, serta tekanan dari atasan. Untuk mendukung profesi Anda sebagai self-employed, Anda tentunya memerlukan ruang kerja kreatif di rumah.

Pasalnya, bekerja di rumah kadang bisa membuat kita sulit memisahkan urusan pribadi dengan urusan profesional. Supaya tidak kehilangan inspirasi dan kreativitas, desain kantor mungil di rumah harus dibuat dengan semenarik mungkin. Dengan begitu, saat Anda memasukinya, semangat kerja akan memuncak dan membuat Anda semakin produktif. Simak beberapa tipsnya berikut ini :

Jangan Terlalu Nyaman

Pastikan ruangan kerja selama bekerja dirumah atau WFH jangan di setting terlalu nyaman. Misalnya menggunakan sebuah kursi yang terlalu empuk atau menaruh sebuah sofa nyaman di ruang kerja dapat mempengaruhi produktivitas. Tentu, ini akan menjadi tantangan tersendiri. Ciptakan ruang kerja yang provokatif dan mampu memacu kreativitas sehingga produktifitas tetap terjaga meski sedang menjalankan Work from home (WFH) di masa COVID-19.

Manage Waktu

Saat menjalani Work From home Upayakan untuk bisa memanage waktu, tetap professional & beri pengertian pada keluarga dirumah agar memberikan keleluasaan waktu untuk memenuhi kewajiban bekerja secara optimal.

Pilih Peralatan yang fleksibel

Kita menginginkan ruang kerja di rumah terasa benar-benar seperti di kantor. Namun, ingat bahwa tujuan bekerja di rumah adalah agar semuanya berjalan nyaman dan mudah. Jangan membeli perabotan yang terlalu besar dan berat. Hal ini malah bisa menghalangi kita untuk mendekorasi ulang ruangan saat sudah bosan nanti. Belilah kursi yang ringan, meja yang tidak terlalu besar, dan perabotan yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Sehingga bisa berganti posisi dengan mudah untuk menghilangkan rasa bosan.

Tata Meja sesuai kebutuhan

Membiarkan meja penuh dengan kertas berkas tidak hanya akan membuat semangat kerja berantakan, tetapi juga rumah kita tampak lebih acak-acakan. Karena itu, susunlah barang-barang yang di miliki dengan cermat. Letakkan dokumen dan alat tulis pada tempatnya. Peralatan elektronik seperti printer juga sebaiknya ditaruh dekat dengan pintu agar bisa dimatikan saat tidak dipakai. Gunakan dan letakan barang sesuai kebutuhan saja.
Kelima tips tersebut dapat diterapkan supaya bisa tetap produktif selama menjalani Work from home (WFH). Produktifitas tetap terjaga & kenyamanan bekerja tetap dirasakan oleh kita selama WFH.

Scroll to Top