Tips Cicil Rumah Dengan Gaji Minim

Setiap orang pasti memiliki impian untuk memiliki rumah idaman yang nyaman. Terutama jika sudah berkeluarga, pasti semakin besar dorongan untuk membeli rumah. Impian ini tidak hanya berlaku untuk mereka yang mempunyai gaji bulanan yang besar, tetapi juga bagi karyawan dalam awal karirnya pasti sudah terbesit keinginan untuk memiliki rumah.

Bagaimana jika penghasilan sebagai karyawan masih pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. Pasti akan sulit untuk mengalokasikan anggarannya, pada kondisi saat ini dengan harga kebutuhan pokok juga terbilang tidak murah. Terlebih saat ini harga rumah makin lama makin tinggi.

Jika memiliki gaji standar misalnya tiga atau empat juta perbulan (Gaji pokok), apakah tetap bisa mulai mencicil aset rumah?  Melalui SAELAND baik kalangan milenial maupun yang sudah berusia 40 tahun anda dapat mencicil rumah. Berikut ada tips dan langkah dari SAELAND Property yang dapat diterapkan mulai sekarang untuk dapat mengelola gaji bulanan dengan baik agar dapat mewujudkan membeli rumah impian dengan cara cicilan yang aman serta tidak memberatkan.

Berikut ini beberapa tipsnya agar rumah dapat dimiliki:

1. Alokasikan dana untuk menabung minimal 15% dari pendapatan

Tujuan menambung ini agar beban angsuran tidak terlalu memberatkan karena membayar uang muka pasti harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Dapat juga digunakan untuk dana untuk situasi diluar dugaan atau darurat. Soal menabung, kita sering berpendapat bahwa uang tabungan merupakan sisa dari gajian. Padahal hal tersebut agak keliru. Menabung di akhir bulan dengan sejumlah sisa gaji akan menyebabkan nilai tabungan Anda cenderung fluktuatif, atau bahkan cenderung sedikit karena mengandalkan sisa. Oleh karena itu menabung di awal bulan saat menerima gajian adalah pilihan yang tepat. Sehingga tabungan tetap utuh & terjaga.

2. Buat pos-pos kebutuhan

Sebelum gajian, silahkan buatkan post-post pengeluaran bulanan tentunya mengacu pada bulan sebelum nya dan dilihat skala prioritas.

3. Hindari berhutang selain nanti cicilan rumah

Hindari memiliki hutang, hal ini dapat meringankan kita dalam mempersiapkan cicilan rumah & pendapatan lebih terkendali serta meringankan.

4. Patokkan harga maksimum

Sebelum mencari KPR, silahkan cari patokkan standart sampai dengan maksimal untuk cicilan rumah dengan tipe yang sesuai harapan serta impian. Sehingga sudah lebih siap untuk mencari rumah yang nyaman sesuai kemampuan.

5. Cari developer rumah terpercaya

Pastikan developer tempat kita akan mencicilan rumah, sudah terpercaya & cari informasi sebanyak-banyak nya agar tidak terkena tipuan maupun hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Bijak kelola pendapatan & tidak konsumtif

Pada saat menerima gaji & total pendapatan, tentukan skala prioritas. Sehingga dapat mengotrol pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting maupun cenderung kearah konsumtif. Selain itu sediakan sejak awal dana darurat yang terpisah dari tabungan, agar lebih siap dan sigap menghadapi ketidak pastian. Semoga Tips tersebut memudahkan kita semua untuk segera mewujudkan rumah impian.

Scroll to Top