Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Supaya Terawat

Tips dan Trik Merawat Lantai Rumah Supaya Terawat-saeland

Ketika memilih material lantai rumah pasti akan menjadi proses yang menyenangkan, terutama ketika memikirkan tampilan akhir interior rumah. Namun, setiap material akan memiliki cara perawatan yang berbeda. Harus kita cermati agar dalam proses perawatan rumah tetap terjaga. 

Kesalahan dalam perawatan lantai rumah tidak hanya akan merusak tampilan dari material lantai tersebut, namun bisa menimbulkan kerusakan yang mengharuskanmu untuk mengganti material atau menjalankan renovasi rumah secara kecil-kecilan. Tidak  ingin hal ini terjadi padamu. Pahami lebih dalam mengenai karakter material untuk lantai dan simak tips serta trik untuk merawat lantai rumah sesuai dengan materialnya berikut.

Keramik

Material ubin keramik merupakan salah satu material untuk lantai rumah yang paling praktis dalam hal perawatan. Cukup disapu dan dipel setiap hari sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Tak heran jika lantai rumah dari ubin keramik menjadi pilihan paling favorit.

Namun, kamu juga perlu menyikat bagian sambungan atau nat keramik sesekali. Bagian nat pada lantai rumah yang menggunakan keramik adalah bagian yang paling mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Jadi, pastikan disikat sekali dalam sebulan atau selama-lamanya, beberapa bulan sekali.

Granit 

Granit serupa tapi tak sama dengan keramik, bedanya  keramik dan granit dalam perawatan dan pemasangannya. Untuk yang mengedepankan  tampilan mewah dan elegan pada lantai rumah, material batu marmer dan granit bisa jadi pilihan. Namun, sifat kedua material ini yang berpori membuatnya memerlukan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan material lantai rumah sebelumnya.

Pertama, pastikan lantai rumah dari marmer dan granit ini bebas dari genangan air. Jadi, jika terjadi tumpahan, segeralah mengeringkannya dengan kain pel. Jangan lupa juga untuk memberikan coating ekstra pada batu marmer dan granit untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah. Bila perlu, lakukan coating ulang secara berkala.

Karpet 

Lantai rumah dari karpet sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Jadi, selalu pastikan karpet dalam keadaan kering dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Bila perlu, lakukan pembersihan terhadap tungau dengan alat vacuum khusus secara berkala. Meskipun rumit, perawatan rutin terhadap lantai rumah sebenarnya adalah hal sederhana yang tak boleh disepelekan. 

Dengan perawatan yang baik dan benar, material lantai rumah milikmu tentu akan jadi lebih awet dan keindahannya akan tetap terjaga untuk menunjang tampilan interior rumah. Selamat mengikuti tips dan trik merawat lantai rumah, semoga dapat segera diimplementasikan dirumah kesayangan.

Scroll to Top