Tips Memasang Plafon PVC Sendiri Secara Benar

Tips memasang Plafon PVC Sendiri dengan rapi ala saeland property rumah 2 lantai berkualitas WAH

Saat ini, ketersediaan material untuk pembuatan plafon sangatlah beragam sehingga kamu bisa menyesuaikan menurut kebutuhan ataupun desain rumah yang ingin diusung.

Selain gypsum, salah satu material plafon yang saat ini populer digunakan adalah PVC karena memiliki banyak sekali keunggulan di mana salah satunya adalah proses pemasangan yang mudah bahkan bisa kamu pasang sendiri.

Siapkan Bahan untuk Pemasangan Plafon PVC

Di tahap pertama dalam melakukan cara memasang plafon PVC ini, hal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan sejumlah bahan yang akan digunakan. 

Untuk bahan, kamu bisa menyiapkan papan PVC, besi hollow 2 x 4 dan 4 x 4, paku beton, sekrup, lem silicon, serta list PVC. 

Untuk bahan-bahan yang kecil hingga sedang, kamu bisa meletakkannya di dalam kotak penyimpanan terlebih dahulu agar tidak tercampur atau berserakan. Jika kondisinya rapi, kamu pun jadi lebih leluasa untuk memasang plafon PVC.

Siapkan Peralatan untuk Pemasangan Plafon PVC

Selain bahan utama di atas, kamu juga wajib mempersiapkan sejumlah peralatan agar cara memasang plafon PVC bisa dilakukan dengan lancar. Silakan siapkan beberapa peralatan yang diperlukan seperti bor, mata bor untuk sekrup, pisau cutter, gerinda, siku, meteran, serta palu.

Selain itu, siapkan juga tangga lipat untuk kamu dapat melakukan cara memasang plafon PVC tersebut. Pastikan kamu menggunakan tangga lipat yang berkualitas dan kokoh agar terhindar dari risiko terjatuh yang bisa melukai kamu.

Pasang Rangka Plafon PVC

Setelah bahan dan alat kamu siapkan, kamu bisa langsung memulai cara memasang plafon PVC. Pertama-tama, silakan lakukan penandaan ketinggian plafon yang sebaiknya tidak melebihi ring balok dikarenakan area tersebut merupakan tembok yang sangat keras.

Dalam cara memasang plafon PVC ini, kamu bisa melakukan penandaan di sekeliling ruangan menggunakan waterpass selang agar rata dan sebaiknya ketinggian plafon dibuat di atas 3 meter. 

Setelah itu, kamu bisa mulai memasang besi hollow ke dinding menggunakan paku beton yang ukurannya telah disesuaikan menurut ukuran ruangan. 

Pasang List Profil PVC

Langkah dan cara memasang plafon PVC selanjutnya adalah menempelkan list. Kamu perlu melakukan instalasi list pada bagian bawah rangka yang telah kamu buat sebelumnya menggunakan sekrup dan bor. 

Kamu bisa mulai pemasangan list pada sudut tembok secara berurutan hingga sekelilingnya terpasang, lalu silakan potong bagian tertentu menggunakan mesin gerinda ataupun gergaji agar hasilnya rapi. Kalau pemasangan plafon rapi, keindahan interior rumah pun tidak akan terganggu.

Pasang Papan PVC 

Jika pemasangan list telah selesai, kamu bisa melanjutkan cara memasang plafon PVC selanjutnya, yakni penempelan papan. 

Pasang satu lembar papan PVC pada salah satu pinggiran tembok menggunakan sekrup dan bor. Kemudian, masukkan bagian sisi papan ke dalam list PVC.

Setelah satu lembar papan PVC tersebut terpasang rapi, kamu pun tinggal menyambung bagian lain menggunakan lembaran papan PVC hingga seluruh plafon tertutupi. Namun, pastikan kamu memasang sekrup pada setiap lembar papan PVC sebelum melanjutkan ke lembaran berikutnya.

Saat ini Saeland sedang memiliki projek rumah komersil tipe Rumah 54/72, hanya tersedia 13 unit rumah saja.⁣⁣⁣ Benefit : Rumah 2 lantai, dekat dengan tol, masjid, puskesmas, pasar & Sekolah.⁣⁣⁣ Segera booking melalui link https://linktr.ee/saelandproperty.

Baca juga artikel https://www.citra-mandiri-kreatif.com/virtual-expo-solusi-event-di-masa-pandemi-2021/ Semoga bermanfaat, sehat selalu Sobat Saeland.

Scroll to Top