Tips Menghemat Listrik Selama Beraktivitas di Rumah Seharian

hemat listrik ala saeland property perumahan subsidi berkualitas CMK Grup

Selagi beraktivitas di rumah, ada banyak perangkat elektronik yang dinyalakan. Sebut saja seperti Wi-Fi, laptop, lampu, AC, dan sebagainya. Tanpa disadari, tagihan listrik bulanan jadi membengkak. 

Maka dari itu, Saeland property ada tips menarik untuk Sobat supaya lebih menghemat listrik. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan untuk menghemat listrik?

Efisiensi Saat Mencuci Baju

Coba diingat-ingat, selama ini berapa kali dalam seminggu Sobat mencuci baju? Apakah setiap hari? Kalau begitu, pantas saja tagihan listrik membengkak. 

Untuk menghemat listrik, cobalah mencuci baju 1 hingga 3 kali saja dalam seminggu.

Kumpulkan pakaian kotor hingga menjadi muatan besar sesuai dengan kapasitas maksimal masing-masing mesin cuci. 

Pasalnya, mencuci dengan satu muatan besar akan menghabiskan energi listrik lebih sedikit dibandingkan mencuci dalam muatan kecil, tapi sering.

Mengatur Suhu Normal Pada AC

Perlu kita ketahui bahwa AC merupakan salah satu perangkat elektronik yang menyedot aliran listrik. Rata-rata pada pemakaian AC ½ PK bisa membutuhkan hingga ±400 watt listrik.

Jika Sobat memiliki beberapa AC di dalam rumah, sebaiknya Sobat mengatur temperatur AC di antara 22°C hingga 25°C.

Suhu tersebut terhitung normal sehingga tidak terlalu rendah.

Karena jika AC diatur dengan suhu terlalu rendah, kompresor AC yang dipaksa bekerja lebih ekstra bisa menyebabkan kebutuhan listrik menjadi lebih tinggi dibandingkan saat suhu AC terhitung normal.

Cabut Saklar Saat Tidak Digunakan

Hal yang biasa dianggap remeh ini secara tidak langsung bisa menjadi salah satu penyebab listrik terbuang sia-sia.

Pasalnya membiarkan kabel saklar terpasang secara terus menerus walaupun tidak digunakan akan tetap tercatat sebagai penggunaan listrik dan berdampak pada jumlah tagihan bulanan yang harus dibayar.

Sebaiknya, begitu Sobat selesai menggunakan produk elektrik segera cabut saklar. Selain menghemat listrik, mencabut saklar juga bisa meminimalisir terjadinya korsleting listrik di dalam rumah.

Pilih Perabotan Yang Hemat Energi

Semakin pesat perkembangan teknologi kini mulai memproduksi berbagai perabotan elektronik yang lebih ramah lingkungan. 

Perabotan elektronik yang diciptakan agar ramah lingkungan biasanya juga menjadi produk yang hemat listrik.

Sobat bisa mulai menggunakan produk-produk ramah lingkungan tersebut, contohnya seperti mengganti bohlam biasa dengan lampu LED, memilih TV LED dibandingkan TV Tabung, dan menggunakan Laptop jika tidak harus menggunakan PC.

Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa/Token

Cara lain yang bisa digunakan sebagai tips menghemat listrik yaitu dengan menggunakan listrik sistem pulsa atau token. 

Hal ini dapat membuat Sobat mengetahui limit pemakaian sehingga dapat dengan mudah mengatur dan mengontrol pemakaian listrik di dalam rumah.

Ketika pulsa atau token listrik habis, secara otomatis aliran listrik akan terputus dan mati dengan sendirinya. Sistem ini akan membuat Sobat menjadi lebih bijak dalam pemakaian listrik.

Semakin besar kebutuhan dan ketergantungan masyarakat terhadap listrik maka dibutuhkan pula sarana prasarana agar masyarakat sadar pentingnya menjaga sumber daya alam agar tidak terbuang sia-sia. 

Menghemat penggunaan listrik selama beraktivitas selama di rumah menjadi salah satu cara efektif untuk turut serta menjaga lingkungan agar sumber daya bisa terus terjaga.

Sobat Saeland pastinya menjadi salah satu masyarakat yang akan menggunakan listrik dengan bijak kan?

Jangan lupa berkunjung ke Instagram Saeland https://instagram.com/saelandproperty?igshid=YmMyMTA2M2Y=. ada banyak info dan penawaran menarik seputar properti Saeland yang berlokasi di Sumedang.

Scroll to Top