Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Nyaman Saat Musim Hujan

Saeland Mountain View Residence 2022 perumahan bagus di Kota Sumedang

Akhir-akhir ini, hujan memang kerap turun di berbagai daerah. Meski hujan merupakan anugerah, rintikan air tersebut mungkin membuat Sobat Saeland merasa repot karena harus membersihkan rumah lebih sering, terutama di area yang terkena hujan. 

Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan Sobat Saeland. Ketahui tips menjaga rumah tetap bersih dan nyaman selama musim hujan yang dikutip dari beberapa sumber berikut ini :

Mencegah dan merawat dinding lembap

Dinding yang lembap bukan lagi hal aneh yang dialami saat musim hujan. Kelembapan di dinding menandakan adanya saluran air tersumbat.

Jika tambalan basah berada di langit-langit, dinding, atau di sudut-sudut rumah Bunda, mungkin ada blok drainase di dekat area itu yang menyebabkan air merembes ke dinding. 

Namun, jika tambalan basah muncul dari lantai, hal tersebut menunjukkan bahwa kelembaban diserap oleh tanah atau dari beberapa pipa yang rusak di bawahnya.

Jika dinding hanya terasa lembap tanpa diketahui dari mana asalnya, ini menunjukkan bahwa ruangan tersebut memiliki kelembapan berlebih. Ventilasi yang buruk menyebabkan kondensasi terjadi di seluruh dinding.

Setelah mengetahui kemungkinan penyebab dinding lembap, berikut adalah cara efektif untuk mencegah dinding lembap saat musim hujan :

Gunakan sealant, dempul atau nat untuk menutupi retakan pada pipa dan dinding.

Pilih lapisan anti air pada dinding luar untuk menciptakan penghalang dari hujan dan kelembapan.

Bunda juga dapat memilih cat silikon untuk dinding dalam ruangan yang memiliki sifat tahan air yang tinggi.

Mencegah serangan serangga

Langkah pertama yang dapat Sobat saeland lakukan ialah dengan memasang kelambu atau jaring-jaring kecil di jendela untuk menutup ventilasi sekaligus mencegah masuknya serangga.

Musim hujan membuat lingkungan menjadi hangat dan lembab serta sempurna untuk serangga dan hewan lainnya.

Oleh karena itu, wajar jika melihat hewan seperti nyamuk, rayap, atau cacing tanah di dalam dan di sekitar rumah.

Meskipun sebagian besar hewan tersebut tidak berbahaya, beberapa serangga dapat merusak furnitur, dinding, dan menyebarkan penyakit.

Mencegah jamur Masuk ke Area Rumah

Jamur yang berada di dinding atau di pakaian biasanya berbentuk seperti jerawat berwarna hitam. Sobat Saeland juga  harus hati-hati, jamur tersebut dapat menjadi sangat beracun. 

Sobat Saeland sebenarnya disarankan untuk menghubungi seorang profesional untuk menanganinya. Namun, berikut adalah beberapa cara mudah untuk mencegah jamur.

Pemutih menghilangkan jamur dan lumut dari dinding, ubin, tirai kamar mandi, keset kamar mandi, dan lainnya.

Larutan boraks dan cuka dapat digunakan dengan menggosok area yang terkena.

Perbaiki kebocoran di dapur dan kamar mandi.

Pastikan ventilasi dan aliran udara yang baik di semua kamar tidur.

Sobat Saeland, masih ada beberapa tips lainnya untuk menjaga rumah tetap bersih dan nyaman selama musim hujan. 

Bagi Sobat yang ingin memiliki rumah sebagai salah satu investasi menguntungkan silahkan kunjungi “SAELAND Mountain View Residence ⁣⁣Solusi & jawaban tepat untuk hunian impian Sobat & keluarga.⁣⁣⁣

Segera survey & booking unitnya, sebelum kehabisan. ⁣⁣⁣Type Rumah 36/72, Stok terbatas, lokasi strategis kemudian di lalui angkutan umum.

Selain itu, bagi Sobat yang berencana memiliki rumah pertama untuk keluarga kecil ataupun rencana masa depan, silahkan cek unit GSS II Subsidi berlokasi di Kota Sumedang berdekatan dengan perumahan GSS I.

Scroll to Top