Tips Merawat Rumah Baru Agar Tetap Bersih & Nyaman

Memiliki hunian yang bersih dan nyaman, menjadi impian banyak orang. Rumah yang bersih dan rapi tentu akan membuat penghuninya hidup lebih sehat. Karena rumah yang kotor bisa jadi sumber dari banyak penyakit.

Terutama merawat rumah baru, pasti pemilik akan merawat dengan sebaik mungkin, supaya rumah baru tetap terawat kebersihan serta kenyamanan nya. 

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar rumah nyaman dihuni adalah dengan merawat rumah. Suatu bangunan perlu dirawat karena dinilai mengekspresikan pribadi pemiliknya. Merawat rumah mencakup perawatan bagian dalam (interior) dan bagian luar (eksterior). Rumah yang terawat juga akan memberikan kesan “fresh” dan baru meskipun tergolong bangunan lama. Berikut tips merawat rumah baru agar tetap bersih, terawat serta nyaman : 

Buat Jadwal Membersihkan

Kebersihan adalah hal utama dalam merawat rumah. Namun, jika harus membersihkan seharian penuh, pastinya Anda akan kelelahan, bukan? Terutama kalau mertua mau datang atau akan ada tamu yang berkunjung saat akhir pekan.

Untuk itu, cobalah membuat jadwal merapikan rumah tiga kali sehari atau setidaknya seminggu sekali sebelum beraktifitas. Hal itu akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Biasakan Menggunakan Vacum Cleaner

Jika memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, biasanya akan banyak bulu-bulu yang rontok dan bertebaran. Agar benar-benar bersih, Anda bisa membersihkannya menggunakan vacum cleaner.

Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara ternyata sangat berpengaruh terhadap kerusakan properti Anda. Oleh karena itu, pandai-pandailah mengatur sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah.

membutuhkan Hunian dengan sirkulasi udara yang buruk akan meningkatkan suhu di dalamnya akibat sinar matahari. Tempratur panas yang tidak cepat didistribusikan ini akan menyebabkan material-material bangunan cepat mengalami kerapuhan, cat akan mudah kusam dan mengelupas.

Cat Ulang Secara Berkala

Kondisi cuaca memang menjadi faktor utama dalam masalah keindahan cat rumah Anda terutama di bagian luar (eksterior). Sementara udara yang lembab akan menjadi faktor masalah bagi keindahan cat bagian dalam (interior).

Maka dari itu, gantilah cat rumah minimal 1 tahun sekali atau sesuai kebutuhan jika memang sudah banyak yang terkelupas atau mulai memudar. Meskipun tips merawat rumah yang satu ini cukup merepotkan. Pasalnya, harus mengeluarkan perabotan terlebih dahulu agar tidak terkena cat. Namun, dengan mengganti cat akan membuat hunian terkesan baru dan terawat.

Perbaiki Kerusakan Kecil

Jika melihat adanya kerusakan kecil pada hunian, sebaiknya segera melakukan perbaikan untuk menghindari kerusakan yang lebih besar. Misalnya bocor saat hujan, jika tidak dibenarkan maka akan menyebabkan kayu-kayu atau plafon rumah menjadi rusak.

Maksimalkan Ruang Kosong

Ruangan kosong bisa dimanfaatkan dengan baik meski sudut sempit sekalipun. Jika bangunan mempunyai banyak ruangan kosong, Anda bisa memaksimalkannya untuk menyimpan barang-barang.

Misalnya di bawah tangga, Anda bisa menempatkan perabotan, perkakas atau rak buku. Atau bisa juga menambahkan sebuah perabotan multifungsi seperti sofa atau kursi yang di bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai laci atau lemari kecil untuk menyimpan barang-barang.

Bersihkan Kamar Mandi Secara Rutin

Biasanya hal ini luput dilakukan oleh kebanyakan orang dan mungkin malas untuk melakukannya. Apabila kamar mandi sering dibersihkan akan mengurangi kondensasi dan membatasi risiko pertumbuhan jamur.

Pisahkan Barang-barang yang Sudah Tidak Terpakai

Salah satu cara merawat rumah agar tetap bersih dengan mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi. Anda bisa memberikan barang tersebut ke saudara, teman atau orang lain yang membuhkan jika kondisi barang masih layak pakai. Mengurangi barang tidak terpakai akan memudahkan Anda saat membersihkan rumah.

Amankan Sambungan Kabel Listrik

Hal ini sangat penting apabila di rumah Anda terdapat anak kecil . Jika terdapat banyak sambungan-sambungan kabel bersifat permanen, tentu sangat membahayakan. Rapikan kabel-kabel tersebut dan simpan di tempat tertutup agar menghindari risiko kebakaran. Namun, akan lebih baik jika Anda memiliki outlet listrik langganan dan terpercaya.

Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Pilihlah perabot hunian yang aman. Hati-hati dengan senyawa organik yang mudah menguap seperti perabot rumah dengan bahan kimia berbahaya VOCs (Volatile Organic Compounds). Misalnya cat, busa, karpet juga bisa berisi VOCs. Carilah produk yang tidak ada kandungan VOCs, berbau rendah dan anti karsinogen. Selain itu, hindari juga penggunaan bahan kimia pada rumput-rumput sekitar halaman Anda.

Semoga bermanfaat, terutama bagi sobat yang baru saja membeli atau mengambil KPR. Terapkan tips merawat rumah supaya tetap bersih & yaman. Rumah harus menjadi tempat nyaman bagi keluarga, supaya makin harmonis. 

Scroll to Top