Tips Tetap nyaman Dirumah Saat Musim Hujan

RUMAH TETAP NYAMAN DI MUSIM HUJAN SAELAND PROPERTY RUMAH SUBSIDI SUMEDANG

Sebagai pemilik rumah, Anda tentu menginginkan hunian yang tetap nyaman, aman di  saat musim hujan datang. Untuk itu, dibutuhkan persiapan yang matang sebelumnya. Dan berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan menjelang musim hujan tiba. 

Pastikan sudah Memeriksa dan Memperbaiki Talang Air

Di musim kering atau kemarau, talang air rentan kotor karena debu dan kotoran kering. Kotoran yang jarang dibersihkan tentu akan menumpuk sehingga menyebabkan saluran air tertutup. Hal ini akan menghambat laju air pada talang, sebaiknya segera  bersihkan dan buang segala tumpukan kotoran pada talang air.

Selain itu, Anda juga wajib memeriksa kondisi talang. Apabila terjadi kerusakan pada talang yang berpotensi bocor atau rembes segera perbaiki agar dapat berfungsi maksimal di musim hujan. Kemudian jika ingin mengganti dengan talang baru, buat talang air dengan ukuran yang tepat dan material berkualitas agar tahan lama.

Cek Kondisi Genteng Rumah

Mungkin ini jarang Anda lakukan, namun wajib dilakukan menjelang musim hujan. Cek posisi genteng rumah Anda. Genteng yang berantakan dapat menjadi penyebab utama kebocoran di musim hujan.

Walaupun rumah yang Anda tempati terbilang baru, tetap lakukan pengecekan. Sebab biasanya genteng dapat bergeser karena banyak hal, seperti angin atau kenakalan hewan yang melewati atap rumah. Jadi tetap harus di cek dengan detail serta teliti.

Pastikan Sistem Ventilasi Berfungsi dengan baik 

Aliran udara yang cenderung dingin di musim hujan dapat menimbulkan hawa lembap jika hunian tidak memiliki ventilasi yang baik. Udara yang terlalu  lembap akan membuat suasana rumah tidak nyaman dan berpotensi terhadap tumbuh kembangnya bakteri. Usahakan sistem ventilasi terpasang dengan baik. Jika curah hujan sedang tinggi Anda dapat menutup sementara, setelah reda buka kembali ventilasi untuk pergantian udara.

Melakukan cek secara berkala untuk Saluran Air & Listrik 

Jika di sekitar rumah Anda terdapat saluran air, periksa kondisinya. Jika terdapat sumbatan endapan lumpur dan sampah segera bersihkan karena dapat menghambat laju air yang memicu terjadinya banjir. Bersihkan saluran air di sekitar rumah secara berkala, setidaknya dua minggu sekali menjelang musim penghujan agar daya tampungnya maksimal. Agar hasilnya maksimal saluran air harus dibersihkan secara keseluruhan.

Di musim hujan kabel listrik mudah rapuh dan terkelupas karena terus diterpa hawa lembap dan panas yang tinggi. Hal ini dapat berbahaya karena berisiko menyebabkan korsleting dan kebakaran. Sebaiknya periksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar. Pastikan seluruh kabel dan setop kontak dalam keadaan baik agar risiko korsleting dapat diminimalisasi. Jika terdapat kerusakan segera perbaiki dengan mengganti kabel baru.

 Pangkas Tanaman yang sudah terlalu rimbun atau tinggi 

Musim hujan yang panjang dapat membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman menjadi rimbun dan berpotensi menjadi sarang nyamuk dan serangga lain. Selain itu, pohon-pohon besar yang sudah tua juga berisiko tumbang. Sebaiknya tanaman yang rimbun di pangkas semua tanaman dan pohon-pohon di sekitar rumah saat mendekati musim penghujan. Dijamin rumah menjadi lebih nyaman, aman, dan rapi. Miliki rumah impian yang nyaman terletak di Sumedang klik disini.

Scroll to Top