Perbedaan yang harus di pahami

Bulan Ramadhan merupakan bulan terbaik dan paling utama dibanding bulan lain, sehingga amalan baik apapun yang dilakukan pahalanya berlipat ganda. Di antara amalan baik yang bisa dilakukan adalah bersedekah, membayar zakat, dan berwakaf. Apa sih perbedaan dari ketiga hal tersebut?

Zakat itu terbagi jadi 2 jenis, ada zakat fitrah dan zakat maal. Kalau zakat fitrah itu dikeluarkan setiiap bulan ramadan dan dilalakukan sebelum shalat Idul Fitri, sementara kalau zakat maal dilakaksakan setahun sekali jika harta yang dimiliki sudah mencapai nisab.

Kalau sedekah ini sebenernya segala macam kebaikan yang dilakukan misalnya memberi senyuman terhadap sesama serta menolong orang yang sedang kesusahan. Jadi sedekah itu tidak cuma kebaikan pas memberikan harta benda saja. 

Kalau Wakaf, sedekah yang bentuknya aset dan termasuk ke dalam amal jariyah. Karena aset wakaf bakal terus punya nilai guna, bahkan sampai orang yang mewakafkan meninggal dunia. Amal jariyah inilah yang bakal mengalir terus pahalanya. Jadi ketiga amalan baik tersebut bisa kita jalankan sejak saat ini sampai seterusnya, insya allah keberkahan akan menyertai kehidupan & harta yang kita miliki jadi terjaga. 

Ramadhan tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, pandemi corona membuat pergerakan kita semua menjadi terbatas. Namun bukan jadi alasan untuk berhenti melakukan kebaikan, justru saat ini bisa jadi momentum untuk beramal soleh melalui harta yang dimiliki untuk membantu sesama. Meski dirumah aja kita tetap bisa bersedekah, ada banyak lembaga yang menyediakan fitur sedekah, wakaf & zakat secara online.

Atau kirim paket sembako ke saudara-saudara yang membutuhkan dengan bantuan jasa pengiriman paket. Mari maksimalkan Bulan ramadhan tahun ini, semoga harta yang kita miliki lebih berkah ketika kita mau berbagi dengan sesama. 

Scroll to Top